Saturday, November 17, 2012

IMPOR BERAS!?

Baru aja selesai baca artikel "300 Ton Beras tiba dari Vietnam" dan "Indonesia Impor Beras India" dari terselubung.com. Apa? IMPOR BERAS?
Sebenarnya berita Indonesia impor beras ini udah ketinggalan zaman kalo mau dibahas sekarang, tapi karena saya baru sempat sekarang, jadi bakal saya bahas sekarang aja.
Saya ulangi lagi biar tambah tegang,"INDONESIA IMPOR BERAS?"

Kita ini (mantan) MACAN ASIA!! Malu-maluin banget sampe impor beras, padahal kita mengklaim diri sebagai negara agraris. Kalo negara agraris bukan, negara maritim bukan, negara industri sudah pasti bukan, terus kita negara apa? Negara berkembang? Kayaknya kata "berkembang" di sini cuma penghalusan dari kata "miskin"

Ya. Indonesia negara miskin. Miskin sumber daya manusia yang mumpuni (karena yang pinter udah pada ke luar negeri semua, udah kerasan dan nggak mau balik). Pernah para dosen, profesor, ilmuwan dan orang-orang Indonesia yang berpengetahuan luas yang tinggal di luar negeri berencana untuk kembali dan membangun Indonesia dari segi ilmu pengetahuan dan teknologi. Tapi apa respon pemerintah? Nggak ada!
Yah, kita nggak bisa sepenuhnya menyalahkan pemerintahan, karena bagian pemerintahan udah bobrok dari dalemnya. Nggak lagi keropos-keropos mulai dari luar yang bisa ditambal dari dalam. Ini udah bolong, udah busuk dari yang paling dalam sehingga nggak mungkin dipelihara lagi, harus dibuang dan cari yang baru. Presiden sendiri mungkin dalam keadaan terjepit sehingga nggak bisa berbuat apa-apa lebih jauh, tapi bukannya itu yang dinamakan tidak tegas?

Sekarang sudah banyak gerakan-gerakan dari pemuda Indonesia yang kreatif dan inovatif, tapi percuma saja kalau tidak ada respon positif dari pemerintah. Jangankan respon positif, merespon saja belum tentu.
Lalu, apa kita juga tidak bisa mendapatkan lagi gelar Macan Asia itu? Apa bakal selamanya jadi "mantan"?
Orangtua saya memilih untuk golput sebagai pilihan sementara untuk Pemilu 2014. Selama ini saya merasa golput bukan pilihan cerdas, tapi saya harus bilang apa, calon-calonnya saja belum ada yang terlihat mencukupi untuk menduduki jabatan presiden. Entah apalah yang akan terjadi di Indonesia selama 10 tahun ke depan.

Raja Jayabaya dari Kediri pernah meramalkan kedatangan Ratu Adil untuk memerintah Indonesia. Saya nggak percaya ramalan, tapi kalau memang ramalan itu benar, kapankah saatnya? Sejelek apapun, seburuk apapun, Indonesia tetap negara kita. Kita dilahirkan, dibesarkan, dan hidup di Indonesia. Sudah kewajiban kita untuk turut membangun negara. Kasihan anak cucu kita nanti kalau perkembangan Indonesia seperti ini...

#Indonesia

No comments:

Post a Comment