Sunday, February 23, 2014

Bikin Bom Busa! (Percobaan Fisika?)


Ini bukan mau ngajarin orang jadi teroris bom ya, saya cuman lagi agak bangga soalnya barusan ada temen yang nanya tentang pembuatan bom busa yang saya presentasikan sebagai tugas presentasi Bahasa Inggris :P
Cari di internet juga ada kok tentang bom busa ini. Saya dapet informasi tentang percobaan ini dari buku perpustakaan umum karena gak mau bikin presentasi yang mainstream :D
Banyaklah membaca, kadang berguna lho :D
Oke, langsung aja. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bom busa ini :
plastik yang ada klip/penutupnya
  • Cuka secukupnya. Jangan yang kadaluwarsa karena jadi nggak ada efeknya (pengalaman)
  • Air secukupnya. Gak usah bawa-bawa air satu galon lahh..
  • Baking powder atau soda kue. Beli di pasar atau di toko, paling sekitar 500-1000 rupiah. Gak nyampe sepuluh ribu. atau mungkin nyolong sedikit di dapur mama, sapa tau ada :P
  • Deterjen bubuk. Ini benda penting buat bikin busanya. Dan gak usah panik pakai deterjen merk apa, yang penting bubuk.
  • Plastik yang ada klipnya. Duh susah kata-katanya, pokoknya plastik yang ada penutup warna merah di atasnya. Tau nggak? Soalnya kalau nggak pakai plastik yang ini bisa susah. Harus pakai plastik ini.
  • Sendok makan / sendok sup (sendok bebek). Satu aja supaya takarannya nggak ganti-ganti.
  • Tisu / lap
  • Pewarna makanan, kalau pingin bomnya berwarna. Kalo nggak pingin ya nggak usah, nggak penting kok.
Pastikan Anda berada di luar ruangan! 
Jangan melakukan percobaan ini di dalam rumah dan usahakan baju nggak warna putih (apalagi kalo bomnya pake pewarna). Bukannya berbahaya atau apa, tapi busanya bakal ke mana-mana.

Cara Kerja :
  1. Masukkan cuka dan air dengan perbandingan 2:1 ke dalam plastik. Pokoknya cuka lebih banyak dari air. Tergantung ukuran plastiknya, kalo plastiknya kecil airnya satu sendok, cukanya dua sendok. Pewarna makanan sedikit aja (kalo pingin).
  2. Masukkan deterjen dan soda kue dengan perbandingan 1:1 ke dalam plastik. Air : deterjen itu 2:1, jadi kalo airnya satu sendok, deterjennya buat setengah sendok aja.
  3. Tutup klip penutup plastiknya secepatnya karena busa akan segera naik. Harus cepat ditutup supaya busa nggak tumpah.
  4. Kocok plastiknya. Sebentar aja sekitar 1-2 kali kocokan. Kalo plastik udah mulai menggembung, hentikan kocokan dan taruh di tempat aman.
  5. Taruh di tempat aman dan biarkan meledak.
  6. Bum! :D
Gampang ya! Ini bisa jadi permainan menarik buat anak-anak lho. Buat para guru mungkin? :)
Maaf saya nggak bisa menyertakan foto proses pembuatannya, kapan2 ya kalo saya bikin lagi :D
Konsepnya sama dengan percobaan gunung meletus, kayaknya ~
Saya nggak tahu apa penjelasan fisika/kimianya sehingga hal ini bisa terjadi. Mungkin karena udaranya mampat di dalam (tekanan udara) dan mendesak keluar plastik? Ada yang bisa menjelaskan lebih rinci?
Have fun!

No comments:

Post a Comment