Thursday, February 20, 2014

Review Komik : Banana Fish

Ada berapa orang ya yang tau tentang komik Banana Fish?
Manga ini buat saya SUPER-KEREN. Selain tokoh utamanya, jalan ceritanya juga keren banget!
Sebelum share link download-nya, saya dari dulu kepingin banget bikin sinopsis ceritanya :D
Manga ini adalah karya dari komikus Jepang, Yoshida Akimi | Yoshida Akemi. Ada yang tulis Akemi ada yang bilang Akimi, yang beda-beda dikitlah buat kita orang Indonesia. Buat orang Jepang sih, artinya udah beda :P
Komik ini masuk daftar 1001 komik dari seluruh dunia yang direkomendasikan untuk dibaca, versi The 1001 (tim pembuat versi 1001 dari berbagai bidang). Saya pun tahunya dari situ. Sudah lama saya berpikir buat membaca komik itu, tapi ditunda-tunda. Akhirnya kesampaian. Di awal-awal cerita, sampai sekitar volume 3, saya bosan. Menjelang volume 4, sang tokoh utama bertransformasi demikian rupa jadi sangat ganteng, jadi naksir :3
Saya nangis berkali-kali waktu baca komik ini, dan enggan buat baca lagi karena tau pasti bakal nangis lagi nantinya =___=
Total ada 19 volume, dengan ending menyakitkan dan walaupun saya sangat tidak rela dengan endingnya, tapi nggak ada penutup yang lebih baik dari itu T__T
Walaupun genrenya shojo (komik/manga yang ditujukan buat pembaca cewek), komik ini bisa dibaca semua jenis. Bahkan Frederik L. Schodt (siapa pula ini =_=), penerjemah freelance yang banyak menerjemahkan manga mengidentifikasikan Banana Fish sebagai :
satu dari sedikit manga cewek (shojo) yang bisa dibaca oleh para pria dewasa tanpa merasa malu [tau kan shojo manga biasanya kayak apa, manis manis manja gitu deh -_-]. Yoshida [si pengarang] membuat hal tersebut memungkinkan karena ia mengganti latar belakang bunga dan mata besar seperti serangga [yang merupakan ciri khas komik shojo] dengan gambar-gambar tembakan pistol, adegan penuh aksi dan gaya bercerita yang melaju. Walaupun sebenarnya manga ini menekankan pada percintaan sesama lelaki (gay) yang biasanya digemari cewek-cewek.
Ya, memang ceritanya agak 'gay', tapi bukan gay yang 'menjijikkan', dijamin! Ceritanya cenderung ke persahabatan. Karena dua orang yang jadi sahabat ini adalah orang-orang kesepian yang selama ini nggak punya teman yang bisa dipercaya, makanya mereka memandang teman pertama sekaligus sahabat mereka ini sebagai orang yang paling berharga.
Judul komik ini (Banana Fish), diyakini terinspirasi dari novel J.D. Salinger A Perfect Day for Bananafish.
Dan, beda dari komik-komik shojo lainnya, manga ini memiliki gaya gambar realistis, bukan dengan mata besar kayak mata serangga dan lubang hidung kayak debu. Buat yang nggak terbiasa memang agak aneh, tapi ceritanya dijamin menutupi semua kekurangan gambarnya :D

Oke, kita mulai aja sinopsisnya ya :P
Cerita ini berlatarbelakang New York tahun '80an, dimulai saat bos preman New York yang berkarisma, Ash Lynx, dititipi wasiat seorang sekarat sebuah alamat dan sepatah kata 'Banana Fish'. Dalam perjalanannya menemukan arti dibalik Banana Fish itu, Ash dipertemukan banyak orang dan akhirnya ia berkenalan dengan Eiji Okumura, yang sampai akhir cerita jadi sahabat terbaiknya. Ash dibalik semua kecemerlangan yang dia miliki--IQ 210, rambut pirang, mata hijau, kemampuan menembak dan kemampuan memimpinnya ternyata punya masa lalu gelap dan sejak kecil dijerat seorang bos mafia bernama Dino Golzine. Dino Golzine ini gay murni, dan Ash (yang pas banget sama seleranya) dijadikan budak seksualnya. Seinget saya, ada kata-kata di komik ini yang bilang Dino Golzine nggak nafsu sama perempuan. Dia cuma nafsu sama cowok, apalagi si Ash Lynx ini.
Ash yang dingin, cuek, dan penuh perhitungan kayak komputer serta tegaan :
Tapi di luar dugaan dia banyak mengekspresikan emosinya. Orang yang nggak bakal tanggung-tanggung meluapkan emosi kalau emang dia udah disudutkan begitu jauh.
Banyak adegan aksi apalagi dengan pistol, jalan cerita yang mengharukan tapi nggak lupa dengan adegan humor. Cerita ini juga nggak hanya mengisahkan dari sudut pandang Ash Lynx, tapi dari tokoh-tokoh lain juga yang turut membantu (walau pusatnya tetap Ash Lynx).
Ash Lynx berusaha mengungkap kebenaran Banana Fish (apaan sih sebenernya ikan pisang ini?!) dan itu menuntut banyak hal darinya : masa lalu kakaknya, melepaskan diri dari cengkeraman Dino Golzine, melukai teman-temannya, berhadapan dengan orang yang paling nggak mau dia lawan, dan tanpa disadari sesuatu yang begitu berharga buatnya justru jadi satu-satunya kelemahan. Ash banyak terluka baik jiwa maupun raganya, namun di tengah-tengah semua penderitaan itu ia justru belajar mencintai--sesuatu yang nggak mungkin dilakukan orang yang sejak kecil diperlakukan kayak toilet hidup.
                                                                                               
Duh maaf ya kalo malah jadi kayak biografinya Ash Lynx, habis ngefans banget nih! :D
Maafin yee ~
Langsung aja ke tokoh-tokoh dalam ceritanya :
  • Ash Lynx (nama asli : Aslan Jade Callenreese). Di komik versi Indonesia, pada chapter-chapter akhir namanya ganti jadi Arslan atau Ashlan, tapi buat saya yang terbaik tetap Aslan ^^. Tokoh protagonis, bos muda geng preman yang bijak dan jago menembak.
  • Eiji Okumura. Mantan atlet lompat tinggi yang rehat karena cedera. Pergi ke Amerika sebagai asisten fotografer dan bertemu Ash di sana.
  • Blanca (nama asli : ???). Pembunuh bayaran yang sudah berhenti dan jadi guru/pelatih Ash selama Ash jadi budak Dino Golzine. Sebenarnya dia sayang pada Ash layaknya anak sendiri, tapi ia profesional yang menepati semua kontraknya.
  • Dino Golzine. 'Majikan' sekaligus 'ayah' Ash. Bos besar mafia dengan selera pedofil parah.
  • Shunichi Ibe. Fotografer Jepang yang membawa Eiji ke Amerika dalam rangka meliput geng preman Amerika.
  • Frederick Arthur. Mantan anggota geng Ash yang kemudian beraliansi dengan Dino Golzine untuk menghancurkan Ash. Sifatnya bener-bener jelek.
  • Max Lobo. Mantan tentara Vietnam dan teman kakak Ash. Ia kemudian jadi seorang jurnalis dan kawan satu sel Ash, yang kemudian jadi salah satu kawan yang membantu Ash dalam perlawanan terhadap Dino Golzine.
  • Shorter Wong. Bos geng Chinatown (kediaman orang-orang Cina), orang kepercayaan Ash yang sudah lama berteman dengannya.
  • Sing Soo-Ling (versi Indonesia : Shin Su Rin). Anggota termuda geng Chinatown yang akhirnya jadi bos. Masih muda dan sama seperti Ash, dia sangat pintar dan berbakat. Sangat setia pada Shorter dan mengagumi Ash.
  • Lee Yut-Lung a.k.a Yousiss (versi Indonesia : Lee Yue-Lung). Putra bungsu keluarga Lee, keluarga kriminal besar Cina di dunia hitam. Ia membalaskan dendamnya pada kakak-kakaknya karena mereka meremehkan dia. Ia menghormati Ash sebagai manusia yang punya penderitaan sama, dan sangat iri pada perhatian yang diberikan Ash pada Eiji.
  • Cain Blood a.k.a Bloody Cain. (versi Indonesia : Caine Blood). Bos geng Afrika-Amerika (negro) yang cool. Awalnya bersikap netral pada pertikaian Arthur vs Ash, tapi akhirnya membela Ash.
  • Jessica. Istri Max Lobo yang tegar dan kuat.
  • Griffin. Kakak laki-laki Ash yang lumpuh sejak perang Vietnam dan dibunuh bawahan Arthur.
  • Akira Ibe. Muncul di bagian penutup. Keponakan Shunichi Ibe yang mengenal Eiji sejak Eiji muda.
Cerita ini ada sekuel dan prekuelnya, yaitu :
Fly Boy, In the Sky
Perkenalan tentang Eiji Okumura dan Shunichi Ibe, serta pertemuan mereka.
Angel Eyes
Kisah yang menceritakan awal pertemanan Ash dengan Shorter Wong.
Private Opinion
Rincian dari pertemuan Ash dan bagaimana ia mulai memercayai Blanca.
Hikari no Niwa, atau The Garden with Holy Light
Kisah pendek setelah Banana Fish berakhir. Menceritakan tentang Eiji dan Shin yang sudah beberapa tahun lebih tua, bagaimana mereka akhirnya memutuskan untuk menghadapi masa lalu dan mencoba meraih masa depan.
Yaaa, begitulah kira-kira ceritanya! Kira-kira seru nggak? Kalo nggak puas baca komiknya dong :P
Sayang saya nggak nemu versi bahasa Indonesianya. Kalo sempet bakal saya terjemahin dengan seadanya, kalo sempet =___=
Saya cuma punya versi bahasa Inggris, dan untuk menghormati pemilik website asli dan pengunggah pertamanya, saya kasih link downloadnya langsung aja.
Link di atas menuju ke website mangatraders. Kalo mau baca bisa online, tapi kalau download harus sign in / daftar dulu. Gratis kok.

Happy reading!

No comments:

Post a Comment